twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector

Penyebab terjadinya Bad Sector pada harddisk disebabkan oleh :

1. Komputer tidak di shutdown secara normal, mungkin karena hang, crash, super lemot, sehingga kita terpaksa menekan tombol restart pada casing.

2. Komputer kita sering dipindah-pindah, atau digeser-geser padahal komputer sedang menyala, akibatnya terjadi getaran sehingga membuat head (pembaca pada harddisk) menggores piringan harddisk.
Akibat yang ditimbulkan jika Harddisk terdapat Bad Sector :

1. Jika bad sector pada harddisk sudah terlampau banyak, biasanya harddisk tidak dapat diisi oleh System Operasi, sehingga tidak bisa dipakai sebagai harddisk master.

2. Komputer sering merestart sendiri baik pada saat booting atau pada waktu menyala

3. Komputer sering terjadi hang atau BSOD

4. Komputer menjadi lambat atau super lambat, ini disebabkan kesulitan head harddisk membaca data pada piringan harddisk (contohnya kita membuka CD yang sudah penuh goresan, maka otomatis CD Rom akan sulit membaca CD tersebut)
Cara Menghilangkan/Memperbaiki Bad Sector pada Harddisk

Disini saya akan menggunakan salah satu program yang pernah saya coba yakni HDD Regeneration, jika anda belum punya software tersebut silahkan download di sini.

Jika anda sudah mendownloadnya, install program tersebut, kemudian jalankan program tersebut. Berikut tahapan memperbaiki bad sector pada harddisk :

* Sebaiknya anda memperbaiki harddisk yang ada bad sector-nya di komputer lain. (karena biasanya yang terdapat bad sector itu drive di mana sistem disimpan)
* Jalankan program HDD Regenerator.
* Setelah itu pilih pilihan Click here to repair physical bad sectors on damaged drive surface directly under Windows (XP/Vista,Seven)

* lalu pilih harddisk yang akan kita perbaiki (jika kita memperbaikinya di komputer lain, maka pilihlah harddisk kedua), lalu tekan Start Process.
lalu setelah itu anda akan masuk ke mode DOS, tekan tombol 1 untuk memperbaiki harddisk, lalu tekan enter.




badsector

* Selanjutnya tentukan dari sector mana anda akan memperbaiki, masukkan saja tombol 0 untuk memperbaiki sektor dari awal harddisk. lalu tekan enter.




* Berikutnya proses perbaikan bad sector dimulai tunggu sampai selesai.
* Jika anda ingin membatalkan proses ini tekan saja tombol ESC.

Jika setelah proses perbaikan bad sector harddisk, masih terdapat bad sector maka kemungkinan besar harddisk anda sudah terlalu banyak bad sectornya.

1 comments:

Bob said...

thx bos infonya
mantep