twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

dual boot windows 7 dan windows xp

Punya Windows 7 beta/RC dan ingin dual boot bersama Windows XP?

Berikut ini saya jelaskan tentang bagaimana caranya dual boot windows 7 dan windows xp, dengan windows 7 terinstal pertama.
Langkah-langkah tutorial untuk membuat dual boot windows 7 dan windows xp:
1. Intro
Pada postingan ini, saya ingin memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat dual boot windows 7 dan windows xp, dengan system operasi yang terinstal sebelumnya adalah windows 7.
2. Install windows xp
Langkah selanjutnya adalah menginstal windows xp, cara instalnya tidak beda dengan cara install windows xp umumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu windows xp di install pada drive/partisi yang berbeda dengan windows 7. Umpama windows 7 diinstal di drive C:, maka windows xp di install di selain drive C:, bisa D:,E:, atau yang lain sesuai dengan keinginan. Untuk menginstal windows xp di butuhkan paling tidak 5GB free space dari partisi yang akan digunakan tadi.
3. Status Repair (windows 7)
Status repair adalah mengembalikan BOOTLOADER dari windows7 yang tertimpa oleh windows xp. Karena setelah menginstal windows xp, maka windows 7 tidak bisa digunakan lagi(karena tidak bisa booting), nah cara buat mengembalikan BOOTLOADER dari windows 7 yaitu dengan cara status repair menggunakan DVD instalan windows 7. Untul cara merepair status bisa dilihat di postingan Cara Mengembalikan Bootloader Windows 7/Vista (Status Repair).
4. Mengembalikan BOOTLOADER dari windows xp
Setelah windows 7 bisa di gunakan(bisa booting), windows xp gantian tidak bisa di load(booting), nah untuk mengembalikan BOOTLOADER dari windows xp ini kita membutuhkan aplikasi yang namanya EasyBCD, yang bisa kamu download disini. Aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat dan memodifikasi bootloader pada Windows Vista. Tapi aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk Windows 7. Ini juga bekerja baik untuk memodifikasi bootloader dari Windows 7 . Adapun cara menggunakan aplikasi ini yaitu:
Setelah terinstal maka akan ada tampilah seperti ini:

Klik pada menu Add/Remove Entries, pada tab Drive: pilih dimana letak windows xp tadi terinstal. Dari drive ini nanti akan di cari bootloader dari windows xp, sehingga jangan sampai salah dalam memilih drive tempat windows xp terinstal. Selanjutnya
Pada tab Type: pilih Windows/NT/2K/XP/2K3. Pada dasarnya ini digunakan untuk memilih system operasi yang terinstal yaitu windows XP. Setelah selasai ganti Namenya dengan Microsoft Windows XP. Jika sudah klik tombol Add Entry yang ada di pojok kanan bawah.
Jika terjadi eror yang isinya bahwa NTLDR dan NTDETECT.COM tidak di temukan, berarti musti dowload dulu 2 file tersebut di link yang di tunjukan oleh popup dari aplikasi tersebut, tapi biar lebih cepet download disini saja.
Jika sudah didowload, extrak file.zip tersebut di drive dimana windows xp tadi diinstal. Misal contoh windows xp di install di drive D:\, maka file.zip tadi langsung di ekstrak ke drive D:\ . jika sudah coba klik tombol Ass Entry lagi, jika masih gagal keluar dari aplikasi EasyBCD dan masuk lagi ke aplikasi itu(direstart jika computer). Ulangi lagi tahap 4 ini, jika berhasil klik tombol save. Keluar dari aplikasi dari restart OS kamu, dan hasilnya seperti di bawah ini:

Disitu terlihat ada dua pilihan untuk masuk ke system operasi yang di ingikan. Tinggal pilih salah satu dan tekan enter, maka akan masuk ke system operasi yang kamu pilh tadi.

Nah gampangkan cara dualbootnya, selain windows7 windows vista juga bisa di dualboot dengan windows xp. Cara dual boot di windows vista-xp sama windows 7-xp.

5 comments:

Anonymous said...

mas klo aq ga tau harus back up dulu windows 7..gimana udah keburu jadi xp..dan saya ga punya windows 7nya...masih bisa boot 7..tolong bales ke email saya...ecky.erdhyka@gmail.com

Anonymous said...

Mas i kemarin berhasil nih buat dual boot seperti mas share-kan tq y. Tapi ada masalah dengan cara yg sama dengan menggunakan laptop acer aspire 4740g-432g50mn, di laptop ini ud ada bawaan win 7 home premium. setelah aku ikuti langkah2 seperti kemarin2 istalasi sih sukses tapi ga bisa boot ke xp pesan errornya.
File: \ntldr
status: 0xc00000f
Info: "the selected entry could not be loaded because the application is missing or corrupt"

Tolong y mas di email : mr_han2x@yahoo.com . Tq besar mas

Handoko

dezmid said...

bisa Gak mas dual OS 7 Home Premium 64bit pake cara diatas,,???

atmasetya said...

File: \ntldr
status: 0xc00000f
Info: "the selected entry could not be loaded because the application is missing or corrupt"

kalo gini gmana neh..?? help please

Welcome said...

boleh saya menulis kembali postingan agan di blog saya,. saya baru saja menemukan masalah seperti ini, utg bs ketemu ini blog..
saya menkopinya dahulu di HTTP;//roossano.blogspot.com jika tidak berkenan tinggalkan pesan/membalas komment saya disini / bs hub.08561933526
saya takut terjadi ksalahpahaman, saya cma mw berbagi ilmu ini ke teman2 saya.