twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Menggunakan Packet Sniffer di winbox

Packet Sniffer adalah tool yang disediakan dalam Mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tool ini sangat berguna untuk menganalisa trafik jaringan kita.

Waktu pertama menggunakan tool ini melalui ‘new terminal’, saya bingung juga untuk menampilkan hasil sniffing-nya. Namun dengan winbox (emang favorit banget) rasanya cukup mudah :P

Berikut cara menggunakan tool packet sniffer melalui winbox :
1. klik tool -> packet sniffer

2. pada tab Packets, klik Packet Sniffer Settings. Kemudian akan muncul kotak lagi. Pada tab General, klik Start untuk memulai sniffing

3. Untuk menghentikan proses sniffing klik stop. Kemudian klik OK, dan hasil sniffing akan segera ditampilkan.

Cara Meningkatkan Sinyal Wireles Router

Router memiliki kekuatan untuk mengirimkan sinyal intangible menyebar, namun terkadang karena lokasi yang besar ataupun terhalang oleh tembok benda logam ataupun hal lainya itu membuat sinyal wireles router melemah dan tidak dapat kita koneksikan dengan laptop maupun PC yang biasanya akan tampil "Limited Network Connection".

Oleh karena itu disini akan coba kami share tips cara meningkatkan sinyal wireles router agar setidaknya menambah ruang lingkup jaringan wifi :

1. Peletakan posisi router yang strategis(baik)
Usahakan router anda letakkan pada daerah rumah atau kantor anda pada ruang yang terbuka. Dan pastikan bahwa bila ingin sinyal wireles tidak terganggu, jauhkan router dari benda-benda logam maupun benda padat (lemari es, televisi, tembok tebal dll).

2. Mengubah Channel WiFi
Umumnya, Wifi router mengirimkan sinyal radio pada frekuensi 2,4 GHz. Banyak rumah lainnya dapat beroperasi pada objek atau sekitar frekuensi yang sama, seperti cordless telepon. Jadi, saluran menjadi macet beberapa waktu dengan banyak kelebihan bawah lalu lintas yang memperlambat koneksi wireles Anda. Dan untuk mengubah channel anda dapat menggunakan tools software NetStumbler.

3. Update firmware atau driver
Update lah router driver atau komputer Anda adaptor jaringan dilakukan untuk memperbaiki bug, smoothen out kinerja dan kehandalan, dan bahkan menambah fitur baru.
Disarankan menggunakan RadarSync mudah untuk secara otomatis memperbarui driver komputer sekaligus.

4. Membeli peralatan dari perusahaan yang sama
Kompatibilitas bisa menjadi masalah besar, terutama untuk dua cara transmisi. Oleh karena itu alangkah baiknya jika semua peralatan jaringan wireles anda menggunakan satu merek yang sama. Selain itu, beberapa perusahaan telah tertanam perangkat tambahan yang meningkatkan kecepatan atau kekuatan sinyal ketika semuanya sudah di bawah merek yang sama.

5. Pergantian antena
Routers datang paling dilengkapi dengan sesuatu yang disebut omnidirectional antena. Ini berarti antena terpasang ke router broadcast sinyal yang sama dalam suatu circular radius. Jadi ganti antena yang lebih tinggi agar dapat memancarkan siyal lebih luas.

Cara Hapus Blue Screen pada Windows XP

Blue screen adalah sebuah layar putih dengan teks yang muncul ketika Anda booting komputer dengan Windows XP. Jika anda tidak tahu cara untuk memecahkan masalah ini hasil akhirnya adalah bahwa Anda akan memformat harddisk Anda dan mungkin bisa menghapus data2 anda.

Tetapi untuk menghapus atau memperbaiki masalah ini, anda perlu boot dari Windows XP dan kemudian memilih perbaikan console (tekan R), maka pilihlah dengan partion windows XP Anda ingin memperbaiki dengan mengetikkan integer (1,2..) diikuti masukkan kunci oleh administrator dan memasukkan kata sandi jika ditanya dan tekan enter.

Setelah itu akan muncul sebagai berikut :

C: \ windows> dan kursor berkedip kemudian ketik chkdsk / r, lalu tekan enter untuk memperbaiki dan menghapus boot blok. Setelah komputer selesai memeriksa dan memperbaiki kesalahan akan kembali Anda lihat:

C: \ windows> dengan kursor berkedip di depan kemudian ketik EXIT (huruf kecil yang dianjurkan). Komputer akan restart dan boot semoga lancar tanpa kegagalan.

Semoga Berhasil..:)

Nb:
1. Boot From Windows XP original CD Boot dari CD Windows XP asli
2. Log-in ke partion dengan Windows XP untuk memperbaiki
3. Ketik perintah yang diberikan (diatas)

Block Situs di Mikrotik dengan Menggunakan Winbox

Kita akan membahas gimana kita akan mengeblok suatu situs, yah katakanlah situs porno dalam internet yang menggunakan Mikrotik lewat suatu aplikasi Winbox.

Ikuti cara-cara yang da dibawah ini men/girl!!!!!!!!!!!

Caranya:
1. Yah install dulu ah winboxnya!(Kalo gak bisa nginstall, cara gampangnya, kita siram air tuh komputernya)He,,,,gak kok bercanda.
2. Habis diinstall, langsung ikuti cara yang ada di bawah ini!!!!!

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Cari orang di mbah google yang bisa mengoperasikan winbox ja!!! kan gampang banget coz gak perlu suruh orang dan kita bayar mereka.He,,,,gak kok.

Untuk download Winboxnya.

Klik disini

Untuk download tutorialnya.

klik disini ya

Dual booting Windows Vista Ultimate dan Ubuntu 8.04

Pra Instalasi

Pengertian kita semua sebelum menginstall adalah

  1. Microsoft Windows Vista Ultimate sudah diinstall terlebih dulu
  2. Anda sudah memiliki cd instalasi Ubuntu 8.04. Download di : http://kambing.ui.ac.id/pub/ubuntu/ubuntu/8.04/ubuntu-8.04-desktop-i386.iso

Instruksi step per step ini saya ambil dari http://apcmag.com/how_to_dualboot_vista_with_linux_vista_installed_first.htm?page=1

Updated 5 June 2008 for Ubuntu 8.04 and Vista Ultimate SP1.

Scenario: Anda ingin cara yang mudah untuk membuat dual booting Vista & Linux. Anda sudah menginstall Windows Vista dan sekarang ingin menginstall menjadi dua booting dengan Ubuntu 8.04.

Summary of tutorial: This is an updated tutorial - we previously used Ubuntu 7.04 and then modified the GRUB bootloader to force Ubuntu to recognise the Vista partition. In this tutorial we’ll use Ubuntu 8.04, use the Vista management tools to resize the main partition and install Ubuntu into the freed space, then use the latest version of EasyBCD to reinstate the Vista bootloader

This tutorial has been tested on a VMWare Workstation 6.0.3 virtual machine.

Here’s how to install Vista and Linux (with Vista installed first). Step-by-step instructions that assume no knowledge of Linux. (Now updated for Ubuntu 8.04 and Vista SP1).

Boot into Windows Vista and go into Disk Management - right-click My Computer, Manage, Disk Management.

Right-click on the main Vista partition and select Shrink Volume - the Shrink tool will assess how much space can be freed up.

As a rule of thumb Shrink will reduce the main system partition by about 50%. As long as the partition is big enough to begin with (at least 10GB) it should accommodate both operating systems.

Select Shrink and the tool will reduce the volume of the primary partition, leaving the rest of the disk free as unpartitioned space.

Once that’s done, shut down the Vista machine.

You’ll need the latest desktop ISO of Ubuntu (8.04). You can choose a list of download mirrors from the Ubuntu website, or use this link from Planetmirror. Download the ISO and burn it to CD to create bootable Ubuntu CD.

Boot the Vista machine from the CD and select “Install Ubuntu”.

Once the Live CD has loaded, on the Welcome screen choose your language and select Forward.

On the “Where are you” (timezone) page, select your location and then Forward.

On the next screen, choose the appropriate keyboard layout and then Forward.

Ubuntu will then load the disk partitioner to determine where it’s going to be installed. Choose “Manual - use the largest continuous free space”. This will automatically select the unpartitioned space we created earlier using the Shrink tool. Click Forward.

On the “Who are you?” screen, enter your username and password details, then click Forward.

On the Migrate Documents and Settings screen, if Ubuntu finds any user accounts to migrate, feel free to import it from Vista to Ubuntu. If it doesn’t find any, obviously this isn’t an option. Click Forward.

On the “Ready to install” screen, you’ll see that Ubuntu now has enough information to commence the installation. In the summary under Migrate Assistant, it should say “Windows Vista/Longhorn (loader)”. This means that regardless of whether Ubuntu found any user account to migrate, it certainly knows that Windows Vista is installed on the other partition and is aware of it. Click Install.

See the install through and then let it boot into Ubuntu.

When the install is complete the system will reboot. When the GRUB boot menu is displayed, have a look at the last entry in the list.

After the Ubuntu boot options, there will be an entry “Other operating systems” and beneath that “Windows Vista/Longhorn loader”. By default Ubuntu will load itself after 10 seconds, but you can select the Vista option and Vista will boot normally.

If you want to use the GRUB bootloader then you don’t need to do anything further. Ubuntu installs GRUB into the MBR by default and will happily dualboot itself and Vista.

If however you prefer to keep Vista in charge of things, then you’ll need to do a little bit of tweaking.

Firstly, boot into Ubuntu and go to Applications –> Accessories –> Terminal. Then, type in sudo gedit /boot/grub/menu.lst.

This text file contains all the information GRUB uses to configure various boot options. Scroll down and the entries between “## ## End Default Options ##” and “### END DEBIAN AUTOMATIC KERNELS LIST” are the LInux boot options. Slightly further down is the option for the Vista/Longhorn bootloader.

We’ll need these entries for use later on, so dump them out to a location accessible by the Vista partition. Alternatively, Ubuntu can access the Vista partition directly - go to Places –> Computer, and double-click into the option marked “xx GB Media”. This is the NTFS Vista partition. Ubuntu will prompt for authentication (your Ubuntu password) and then you can either copy the entire menu.lst file into it, or create a new text file on the fly, open it with gedit and copy in the boot entries.

Then restart the machine and boot into Vista

Now we need the latest version of EasyBCD by Neosmart Technologies - download it here. Install the application and launch it.

First, go to “Manage Bootloader” and select “Reinstall the Vista Bootloader”, then “Write MBR”. This puts the Vista bootloader back into the MBR, but the machine will only boot into Vista.

To enable access to the Linux partition, the best option is to install NeoGrub. Go to “Add/Remove Entries”, go the NeoGrub tab and select “Install NeoGrub”. This adds the “NeoGrub Bootloader” option to the Vista bootloader.

Once that’s done, choose Configure - this launches the NeoGrub menu.lst file, location at C:\NST\menu.lst. Use Notepad or Wordpad to open the file, and then paste in the boot entries. Save and exit, then reboot the machine.

The system will come up with two boot options. Select “NeoGrub Bootloader” and then the Linux boot options will load. Choose the relevant option and the system boot into Ubuntu.

dual boot windows 7 dan windows xp

Punya Windows 7 beta/RC dan ingin dual boot bersama Windows XP?

Berikut ini saya jelaskan tentang bagaimana caranya dual boot windows 7 dan windows xp, dengan windows 7 terinstal pertama.
Langkah-langkah tutorial untuk membuat dual boot windows 7 dan windows xp:
1. Intro
Pada postingan ini, saya ingin memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat dual boot windows 7 dan windows xp, dengan system operasi yang terinstal sebelumnya adalah windows 7.
2. Install windows xp
Langkah selanjutnya adalah menginstal windows xp, cara instalnya tidak beda dengan cara install windows xp umumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu windows xp di install pada drive/partisi yang berbeda dengan windows 7. Umpama windows 7 diinstal di drive C:, maka windows xp di install di selain drive C:, bisa D:,E:, atau yang lain sesuai dengan keinginan. Untuk menginstal windows xp di butuhkan paling tidak 5GB free space dari partisi yang akan digunakan tadi.
3. Status Repair (windows 7)
Status repair adalah mengembalikan BOOTLOADER dari windows7 yang tertimpa oleh windows xp. Karena setelah menginstal windows xp, maka windows 7 tidak bisa digunakan lagi(karena tidak bisa booting), nah cara buat mengembalikan BOOTLOADER dari windows 7 yaitu dengan cara status repair menggunakan DVD instalan windows 7. Untul cara merepair status bisa dilihat di postingan Cara Mengembalikan Bootloader Windows 7/Vista (Status Repair).
4. Mengembalikan BOOTLOADER dari windows xp
Setelah windows 7 bisa di gunakan(bisa booting), windows xp gantian tidak bisa di load(booting), nah untuk mengembalikan BOOTLOADER dari windows xp ini kita membutuhkan aplikasi yang namanya EasyBCD, yang bisa kamu download disini. Aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat dan memodifikasi bootloader pada Windows Vista. Tapi aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk Windows 7. Ini juga bekerja baik untuk memodifikasi bootloader dari Windows 7 . Adapun cara menggunakan aplikasi ini yaitu:
Setelah terinstal maka akan ada tampilah seperti ini:

Klik pada menu Add/Remove Entries, pada tab Drive: pilih dimana letak windows xp tadi terinstal. Dari drive ini nanti akan di cari bootloader dari windows xp, sehingga jangan sampai salah dalam memilih drive tempat windows xp terinstal. Selanjutnya
Pada tab Type: pilih Windows/NT/2K/XP/2K3. Pada dasarnya ini digunakan untuk memilih system operasi yang terinstal yaitu windows XP. Setelah selasai ganti Namenya dengan Microsoft Windows XP. Jika sudah klik tombol Add Entry yang ada di pojok kanan bawah.
Jika terjadi eror yang isinya bahwa NTLDR dan NTDETECT.COM tidak di temukan, berarti musti dowload dulu 2 file tersebut di link yang di tunjukan oleh popup dari aplikasi tersebut, tapi biar lebih cepet download disini saja.
Jika sudah didowload, extrak file.zip tersebut di drive dimana windows xp tadi diinstal. Misal contoh windows xp di install di drive D:\, maka file.zip tadi langsung di ekstrak ke drive D:\ . jika sudah coba klik tombol Ass Entry lagi, jika masih gagal keluar dari aplikasi EasyBCD dan masuk lagi ke aplikasi itu(direstart jika computer). Ulangi lagi tahap 4 ini, jika berhasil klik tombol save. Keluar dari aplikasi dari restart OS kamu, dan hasilnya seperti di bawah ini:

Disitu terlihat ada dua pilihan untuk masuk ke system operasi yang di ingikan. Tinggal pilih salah satu dan tekan enter, maka akan masuk ke system operasi yang kamu pilh tadi.

Nah gampangkan cara dualbootnya, selain windows7 windows vista juga bisa di dualboot dengan windows xp. Cara dual boot di windows vista-xp sama windows 7-xp.