twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Virtual Private Network (VPN)

Masih berkaitan dengan projek saya yang kemaren, DGNSS project. Di postingan kali ini saya ingin membahas jenis servis rangkaian (networking services) yang akan digunakan pada projek tersebut.

Karena projek tersebut adalah tersebar di beberapa lokasi seperti: Selangor, Melaka, Kelantan, dan Pahang (semua pesisir pantai, karena untuk navigasi kapal), maka customer menginginkan menggunakan rangkaian VPN (virtual private network) untuk menghubungkan kesemua lokasi tersebut dan dikontrol di pusat penerimaan data (Beacon Control System Main Centre) di Port Klang, selangor.

Jadi disini kita akan membahas mengenai apa itu VPN, bagaimana VPN bekerja, dan mengapa menggunakan VPN.

VPN (Virtual Private Network) adalah suatu jaringan komunikasi yang dimiliki secara pribadi oleh suatu perusahaan/organisasi yang masih menggunakan medium internet untuk menghubungkan antara suatu lokasi ke lokasi yang lain secara aman.

Fig 1. Contoh scope diagram VPN

Bagaimana VPN bekerja dan apa kelebihannya?

Untuk komunikasi yang cepat selalunya VPN akan menggunakan ‘dedicated leased line’ dalam rangkainnya antar lokasi. Dan sebagai backup VPN yang kami akan sewa ini akan menggunakan ISDN. Konsep kerja VPN hampir sama dengan konsep jaringan lainnya, yang membedakan hanyalah ia digunakan untuk/pada kalangan tertentu saja (private).

sebagai contoh perusahaan DIVA Advertising memiliki beberapa cabang tersebar di beberapa propinsi di Indonesia, dan pihak manajemen ingin semua lokasi cabang terhubung dengan menggunakan jaringan komunikasi yang sama, cepat, dan aman untuk memudahkan perhubungan bisnis/kerjanya. Jadi, hanya staf-staf DIVA advertising saja yang bisa menggunakan jaringan VPN yang telah didaftarkan tersebut, dan hanya bisa pada lokasi-lokasi yang telah ditentukan saja (berdasarkan IP).

Struktur rangkaian pada VPN

Secara sederhana VPN hanya memerlukan jaringan yang sudah didaftarkan kepada provider, sebuah router khusus VPN, dan perangkat komputer (laptop/PC). Dan pada projek ini kami akan menggunakan cisco 3825 & 2811

Dibawah ini adalah contoh struktur jaringan sederhana dari VPN

Fig 2. Contoh Struktur jaringan sederhana dari VPN, bisa diberikan firewall setelah router dan sebelum PC

Sekian dulu postingan singkat mengenai VPN. Semoga dapat memberikan sedikit masukan bagi yang memerlukannya.

0 comments: