twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Tutor Komputer

Teknik Mengoptimalkan Kecepatan Komputer

Siapa yang tidak ingin sebuah komputer yang berkinerja semakin cepat sekaligus mengkonsumsi sedikit energi?. Solusi untuk mendesain komputer seperti ini, sangat penting untuk dapat mengontrol tegangan berskala nano pada processor. Hingga saat ini, tegangan ini masih sulit diobservasi. Namun terimakasih kepada teknik hologram elektron yang diciptakan oleh peneliti dari Centre d’élaboration de matériaux et d’études structurales (CEMES-CNRS), mereka kini mampu mendeteksi deformasi pada kisi-kisi kristal dengan ketepatan dan resolusi yang belum pernah tercapai sebelumnya.

Alat pengukur yang sudah dipatenkan ini akan mengatasi semua batasan dari metode yang ada saat ini. Sekarang para produsen dapat meningkatkan metode produksi prosesor mikro dan dapat mengoptimalkan komputer di masa depan. Hasil kerja ini dipublikasikan tanggal 19 Juni 2008, pada journal Nature.

"Tegangan" (strain) silikon adalah komponen fundamental dari semua prosesor mikro saat ini. Alasan dari kesuksesannya adalah bahwa tegangan deformasi lokal pada kisi-kisi kristal meningkatkan kinerja prosesor. Deformasi secara signifikan meningkatkan gerak elektron, memungkinkannya untuk menambah kecepatan komputer dan mengurangi konsumsi energi.

Namun, karena pabrikan tidak mampu menganalisa deformasi secara akurat, mereka tidak memiliki desain chip yang lengkap. Mereka selama ini hanya bargantung pada simulasi dan memonitor kinerja yang dihasilkan tanpa benar-benar mengetahui status tegangan silikon. Masalah ini sekarang telah diatasi, terima kasih kepada metode pengukuran tegangan yang dibuat oleh tim CNRS di Toulouse.

Teknik yang dipatenkan oleh CNRS pada September 2007 ini, dapat menjadi metode untuk mengukur tegangan kisi-kisi kristal pada skala nanometer. Ia dapat mengoptimalkan strain modeling pada transistor dan meningkatkan efisiensi penggunaan listrik

10 Cara Terbaik Membersihkan PC Anda

1. Bersihkan desktop anda - buang semua shortcut dan dokumen yang bertumpuk di desktop anda. Anda dapat menggunakan application launcher seperti Launchy untuk instant keyboard access tanpa danya gangguan.

2. Buanglah Program yang tidak dibutuhkan - buanglah program yang tidak lagi dibutuhkan, dengan uninstallation tool seperti Revo Uninstaller.

3. Bersihkan Start Up, Registry, Cookies, dan lainnya. CCleaner (singkatan dari crap cleaner) adalah PC clean up tool yang dapat digunakan untuk menambah disk space anda dan membuang file-file yang tidak dibutuhkan.

4. Rapihkan “My Documents� anda - Walaupun file search pada desktop memungkinkan anda untuk mengorganisir folder, sangat baik untuk merapihkan My document anda tanpa membuang banyak usaha.

5. Hapuslah Temporary Internet file secara otomatis - bersihkan download file anda secara otomatis, email attachtment, dan temporary internet file yang lain dengan Windows Janitor Script.

6. Lihatlah isi disk anda, dan buanglah yang tidak perlu. Kehabisan tempat pada hard disk anda, tapi tidak tahu apa yang ada pada computer anda? WinDirStat dapat menjelaskan kepada anda apa saja yang memakan tempat pada disk anda, jadi anda dapat membuangnya tanpa ragu.

7. Temukan dan hapus file yang memiliki duplikat. Jika anda memiliki folder dengan banyak sekali foto dari kamera anda, atau banyak musik yang telah dikopi beberapa kali, atau file yang telah dkerjakan oleh keluarga atau grup anda, besar kemungkinan anda memiliki duplikasi file. Temukan file yang memiliki duplikat dengan menggunakan aplikasi WinMerge.

8. White Out Disk Free Space - Jika anda menghapus data anda dari hard drive, data tersebut mungkin masih ada secara fisik pada disk dan dapat dihidupkan kembali oleh program lain. Untuk menghapus data secara permanen, gunakan aplikasi Eraser.

9. Bersihkan debu yang menempel- Jika anda pernah menjatuhkan makanan keatas keyboard anda, atau kucing peliharaan anda pernah meinggalkan bulunya pada keyboard kesayangan anda, maka anda harus membersihkan debu-debu dan benda-benda lainnya yang bersarang disana.

10. format ulang hard drive, dan install ulang windows anda. Jika semua cara sudah dilakukan dan anda belum merasa puas, jurus yang satu ini adalah yang paling ampuh: format ulang hard drive dan install ulang Windows anda.


Trik Merubah Windows XP Menjadi GENUINE (Asli)

Mungkin kebanyakan pemakai windows XP di Indonesia menggunakan windows XP bajakan. Tapi bukan berarti windows XP bajakan itu bukan asli (GENUINE). Yang membedakan asli atau tidaknya windows XP ternyata terletak pada serial number yang digunakan ketika proses menginstall windows XP.

Untuk mentes apakah windows XP kita asli, coba gunakan tool “Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool”, yang dapat mendetaksi keaslian windows XP anda, contohnya gua peke windows bajakan tapi menggunakan serial number yang genuine so, tool “Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool” bilang kalo windows xp yang gua pake itu Asli, ini buktinya :






















Download Tool Genuine disini :

http://unrated.110mb.com/Tool.zip

Kalo ternyata windows XP yang kita gunakan bukan genuine, so gak perlu kawatir. Gua dah dapet 3 serial number windows Xp yang udah terbuakti genuine :

V2C47-MK7JD-3R89F-D2KXW-VPK3J

H689T-BFM2F-R6GF8-9WPYM-B6378

WCBG6-48773-B4BYX-73KJP-KM3K3

Tapi masalahnya kalo kita males nginstall ulang windows, gunain aja Aplikasi Keyfinder buatan Jelly Bean yang bisa buat merubah serial number windows Xp, so gak perlu cape- cape nginstall ulang.




















Download Keyfinder disini :
http://unrated.110mb.com/keyfinder.zip

Mengenal Port

Apa itu Port? , yang saya maksud bukan “pelabuhan” atau Air Port (Bandar Udara), tapi Port yang saya maksud di sini adalah port yang ada di komputer dan Dunia internet,
Port adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer sebagai jalur transfer data.

Pada system komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu :
- Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse,keyboard,printer…dll.

- Port Logika (non fisik),adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet.
Port Logika inilah yang akan kita bahas di sini, yaitu port yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan kita ber-internet.

Port Logika ini di golongkan 3 jenis berdasarkan range dan klasifikasinya-nya yaitu:

1. Port umum (well known port)
port Pada kelas ini memiliki range dari 0-1023, port pada range ini kebanyakan dipakai oleh root,atau oleh program yang dijalankan oleh user,seperti ftp(21),ssh(22),telnet(23),http(80),jadi mislanya bila kita sedang browsing maka kita mengakses port 80 pada situs yang kita akses(http).

2. Port Terdaftar (Registered Ports)
memiliki range dari 1024-49151, port pada range ini kebanyakan digunakan oleh Networking utlities seperti Browser, Email Client, Messenger Utilities untuk berkomunikasi dengan remote
server. Biasanya Networking utlites akan membuka secara acak port pada range ini untuk terhubung dgn remote server. Port number pada range inilah yang membuat kita dapat melakukan surfing di internet,melakukan pengecekan e-mail,dll. Misalanya kita sedang Chat dengan Yahoo! Messenger maka kita sedang mengakses Port:1143,1155,5050,1177, 1186, 1187.

3. Port Pribadi atau Port Dinamis (Dynamic or Private Ports).
memiliki range dari 49152-65535, port ini terutama di gunakan program yang memerlukan range port number yang besar, seperti pada Sun yang menjalankan RPC pada port 32768.

Ok, jadi gambaran jelasnya misalkan komputer kita ibaratkan rumah maka TCP/IP adalah alamat rumah kita (masalah TCP/IP bisa di baca jelasnya pada posting saya dulu pada link ini) dan Port adalah pintu,jendela,lubang,celah dari Rumah itu yang memungkinkan sesuatu bisa keluar-masuk. contoh nya di bawah ini port-port yang sering di gunakan pengguna internet.

port 80 untuk HTTP
443 untuk https
53 untuk Domain name server (DNS)
port 443, 563 untuk SSH, HTTPS (SSL) dan SNEWS
port 21 untuk FTP
port 6901 untuk Voice Chat
port 2082 untuk cPanel
port 2095 untuk Webmail (cPanel)
port 2086 untuk WHM
port 1863 untuk MSN Messenger
port 113,194, 531, 6667,6668,6669, 31456, 31457, 31458, 7000, 6666, 6665, untuk IRC
port 5050 untuk YM
port 5000,5100 untuk Yahoo Webcam
port 2083 untuk secure CPanel
port 2096 untuk secure webmail
port 2087 untuk secure WHM
port 25 untuk SMTP
port 110 untuk POP3

Bila anda mau tau port-port yang sedang aktif di dunia maya suatu cara gampangnya bisa kita gunakan progarm-program scanner misalnya, bisa anda download di sini , atau bila anda ingin tau port-port yang sedang anda gunakan ketika online ,anda bisa mejalankan program what’s running bisa di download di sini

Bila kita tidak bisa mengakses suatu service internet di suatau tempat umum Warnet misalnya, dan di tempat lain bisa, maka kemungkinan port untuk service tersebut tertutup , dan memang ada beberapa ISP yang membatasi suatu akses port begitu juga di tempat-tempat fasilitas internet umum seperti Warnet ada yang melakukan pembatasan terhadap beberapa service.

Banyak aktivitas hacking yang mencari-cari celah dari port-port ini pada komputer target


Tips dan Cara Sharing Data Folder di Jaringan/Network Komputer PC anda - Windows

Tujuan dari teknik ini adalah untuk berbagi akses kepada user lain pada suatu folder yang anda inginkan. Anda bisa memilih kepada user mana saja yang bisa atau boleh mengakses folder anda dan juga bisa memberikan akses kepada semua orang yang ada pada jaringan atau network anda.

Langkah atau tahap sharing folder di windows 98/me/2000/xp :
1. Klik kanan pada folder yang anda ingin sebarkan aksesnya.
2. Pilih 'sharing' atau 'sharing and security'
3. Pilih 'share this folder to the network' pada windows xp atau langsung menentukan folder display name.
4. Pilih siapa saja atau user mana saja yang berhak mengakses folder anda dan tipe hak aksesnya. Pilih full access jika orang lain anda bolehkan untuk melakukan edit data maupun menghapus serta menambahkan file pada folder yang disharing. Pilih read only jika orang lain hanya boleh lihat-lihat atau mengkopi file saja.
5. Pilih Ok jika anda telah melakukan pilihan.


Mempercepat Akses Speedy

Saat anda browsing atau membuka suatu website di internet entah dari warung internet ataupun dari rumah, mungkin anda sering mengeluh akan lambatnya akses untuk menampilkan website tersebut. Padahal akses internet di Indonesia sekarang ini masih terhitung mahal. Sebenarnya ada cara-cara mudah untuk meningkatkan kecepatan akses internat anda tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Beberapa diantaranya adalah dengan menyetting browser kita, menggunakan openDNS, dan menggunakan Google Web Accelerator.
Untuk menerapkan trik-trik tersebut sangat mudah. Cara pertama yaitu menyetting browser dapat dilakukan oleh pengguna Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Bagi pengguna Internet Explorer klik menu [Tools] [Internet Option], klik tab [General]. Pada opsi “Temperory Internet files”, klik [Settings] lalu Geser slider-nya. Hal itu untuk membuat cache (lokasi penyimpanan sementara) untuk web yang anda buka, sebaliknya disediakan sekitar 5% dari Hard disk.

Bagi pengguna Mozilla Firefox anda dapat mengetikkan “about:config” pada address bar,. setelah itu ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi “true”, serta isi “network.http.pipelining.maxrequests” antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ). Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan “nglayout.initialpaint.delay” lalu isi dengan 0.
Untuk trik kedua, pertama anda harus mendaftar di www.openDNS.com . Setelah itu masuk ke Control Panel dari start menu, pilih network connections lalu pilih koneksi anda dan klik tombol properties. Pada bagian Internet protokol anda bisa pilih TCP/IP dan klik properties. Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda.
Setelah melakukan 2 tips di atas sekarang anda pasti akan mendapat kecepatan akses yang lebih kencang. Bagi yang masih belum puas dengan kecepatan aksesnya sekarang dapat menggunakan trik yang ke tiga yaitu Google Web Accelerator. Google Web Accelerator di desain khusus untuk mempercepat akses internet anda, khususnya anda yang menggunakan koneksi broadband (pita lebar) seperti Cable dan DSL. Untuk anda yang menggunakan koneksi lain seperti Dial-up (Telkomnet Instant atau Speedy) maupun satelit atau wave, Google Web Accelerator juga dapat mempercepat aksesnya.
Untuk memakai Google Web Accelerator anda harus memenuhi kriteria antara lain Operating System anda harus Windows XP atau Windows 2000 dan browser anda harus Internet Explorer 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+. Kalau untuk browser lainnya sebenarnya juga bisa, tetapi anda harus meng-konfigurasi proxy settings dari browser anda dengan menambah 127.0.0.1:9100 pada HTTP. Setelah anda melakukan instalasi, Google Web Accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser anda dan icon tray di pojok bawah layar komputer. Anda dapat mengunduh Google Web Accelerator di http://webaccelerator.google.com

Melacak File-file tersembunyi

Untuk menjaga kinerja PC, sebaiknya Anda periksa PC dari waktu ke waktu. Apakah ada malware tersembunyi atau rootkits di dalamnya? Berbeda dengan spyware, rootkits tidak tampak di Windows Explorer, Registry Editor, dan beberapa antivirus. Oleh karena itu, bisa saja di dalam PC telah bersembunyi sebuah rootkits, walaupun Anda sudah menjalankan semua langkah pengamanan PC.

Salah satu solusi di atas adalah dengan menggunakan program F – Secure Blacklight atau Sophos Anti-Rootkit. Program-program ini akan men-scan hard disk dua kali. Dalam putaran pertama digunakan interface Windows (API) untuk mencatat isi folder dan registry. Dalam putaran ke-2 program menggunakan API sendiri yang dijamin tidak terkena rootkits. Apabila ada perbedaan antara kedua catatan, hampir dapat dipastikan itu adalah file-file yang disembunyikan oleh rootkit.

Blacklight atau pun Anti-Rootkits menawarkan untuk menghapus file-file atau memasukkannya ke dalam karantina. Dengan karantina, file menjadi tidak berbahaya, tetapi tidak hilang dan dapat dianalisis dengan cermat oleh para pakar.

Anti-Rootkit yang tampil minimalis seringkali tidak bisa memberikan informasi teknis secara detail. Solusinya, Anda dapat mencoba program Gmer. Program ini dapat menampilkan secara rinci, fungsi sistem mana yang dibelokkan, proses mana saja yang sedang aktif, dan driver mana yang sudah terinstalasi.

Masalah Hard disk dan Teknik Data Recovery

Hard disk merupakan salah satu peripheral utama yang harus ada di dalam sebuah computer. Di hard disk juga segala informasi disimpan dalam bentuk file-file. Sama halnya dengan peripheral lain yang bisa mengalami kerusakan akibat static electricity (listrik statis), electric shock, dan berbagai faktor lainnya yang akhirnya kita bisa kehilangan data-data dalam hard disk tersebut. Seperti pada kasus Jessica di postingan sebelumnya, tentu saja kita akan panik dan stress apabila data-data dalam hard disk tersebut adalah data- data penting sekali. Tetapi dengan data recovery, data-data yang hilang tersebut bukan tidak mungkin bisa diambil kembali.
Sebelumnya kita perhatikan beberapa factor hard disk failure yang bisa menyebabkan hilangnya data-data dalam hard disk di bawah ini :

Physical Failure
Physical Failure bisa disebabkan karena beberapa hal seperti mematikan computer
secara mendadak atau bukan melalui prosedur mematikan computer yang benar.
Selain itu power supply yang bermasalah dan component hard disk yang kurang bagus bisa menimbulkan masalah ini. Penggunaan power supply yang bagus tentu bisa memberikan efek yang baik, karena kenyataan-nya beberapa power supply yang
jelek itu bisa menyebabkan circuit board terbakar.

Logical Failure
Dalam hal ini adalah masalah Master Boot Record failure. Secara teknis jika master boot record bekerja dalam kondisi tidak bermasalah, master boot code akan melakukan pengecekan partition yang active dalam partition table, mencari sector awal, me-load sebuah copy boot sector dari partition yang active ke dalam memory dan mengirimkan control ke executable code di dalam boot sector. Jika master boot code tidak bisa menyelesaikan fungsi-fungsi ini, maka system akan menampilkan pesan MBR error.

Boot Sector Failure
Boot sector adalah suatu area di dalam hard disk, floppy disk ataupun data storage lainnya. Boot sector ini terdiri dari program computer yang di load operating system ke dalam memory. Terjadinya boot sector failure ini biasanya karena virus yang menyerang boot sector.

Accidentally Deleted Data
Data yang terhapus tanpa sengaja bisa membuat kita panik dan stress. Tapi terkadang pula kita menghapus file yang ternyata pada beberapa waktu ke depan kita masih membutuhkan file-file tersebut. Tapi jangan khawatir karena dengan data recovery memungkinkan file-file yang terhapus itu diambil kembali.

Cross Linked Files
Cross Linked Files adalah file system error yang meng-corrupt isi dari sebuah file dengan me-rewrite data dari file lain ke dalam cluster yang sama. Memang dengan menjalankan scandisk atau program sejenisnya bisa menyelesaikan masalah ini, tetapi salah satu dari file itu akan tidak bisa di gunakan atau rusak.

Bad Sector
Bad sector adalah suatu area dalam hard disk yang tidak bisa digunakan lagi. Jika suatu bagian dari hard disk yang berisi data-data tersebut terkena bad sector maka data itu harus di recover dulu sebelum bisa digunakan lagi. Ketika kita mem-format sebuah hard disk, operating system akan menandai semua sector yang tidak bisa digunakan sebagai bad sector, walaupun tidak bisa digunakan lagi, itu tidak mempengaruhi performance keseluruhan dari hard disk tersebut.

TEKNIK DATA RECOVERY

Di bawah ini adalah beberapa teknik data recovery yang bisa kita terapkan jika kita menghadapi masalah-masalah pada harddisk seperti yang disebutkan di atas.

Mengganti Circuit Board / PCB
Teknik ini yang saya pergunakan ketika hard disk saya terbakar pada boardnya.
Teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak salah satu komponen dalam hard disk.

Mengganti Firmware
Firmware pada hard disk adalah informasi yang digunakan oleh computer yang
mengijinkan computer itu ‘berkomunikasi’ dengan hard disk. Firmware bisa diganti
dengan yang terbaru.

Mengganti Head Stack
Kalau di tape ada yang namanya head, di hard disk juga ada yang namanya head.
Di tape biasanya kalau lagu gak jernih, head-nya bisa kita bersihin pake tape-head-cleaner. Tapi kalau head di hard disk bentuknya sangat kecil sekali, seperti chip berukuran kecil yang berada dalam head stack yang dinamakan Preamplifier. Untuk mengganti head stack lebih baik di kerjakan dalam sebuah tempat yang benar-benar secure karena kesalahan kecil bisa menyebabkan kerusakan fatal.

Memindahkan Disk ke Hard Disk Lain
Jika circuit board yang berada di luar hard disk dan komponen-komponen dalam
hard disk seperti head stack tadi rusak dan hanya kepingan disk yang masih berfungsi, data recovery bisa dilakukan dengan cara memindahkan disk tersebut ke hard drive lain.

Spin-Stand Testers
Spin-Stand ini digunakan untuk melakukan test terhadap hard disk terutama pada preamplifier dan read channel suppliers agar bisa berfungsi dengan akurat. Tester ini sering dipakai oleh pabrik hard disk.

Magnetic Force Microscopes (MFM)
Magnetic Force Microscopes adalah sebuah tool yang sangat mutakhir untuk high-resolution magnetic imaging dari hampir semua media storage. Data recovery menggunakan Magnetic Force Microscopes ini merupakan data recovery yang canggih,
jadi memang harus dilakukan oleh ahlinya.
Dikutip dari christorufinus.com




1 comments:

reningta said...

mbak... gimana sehh buat daftar pengunjung itu??
soalnya punya mbak bagus tuuhhh,, bisa ngeliat brapa orang yg udah mengunjungi blog mbak...
mohon pembelajarannya yaa mbak..
TQ